Home Apa Kabar Madiun KRDE Arjuna, Surabaya - Madiun Dilanjutkan Operasionalnya
KRDE Arjuna, Surabaya - Madiun Dilanjutkan Operasionalnya
Rabu, 29 Agustus 2012 11:24

KRDE ARJUNALebaran telah berlalu, pada masa mudik lebaran 2012 kemarin, PT. KAI telah mengujicobakan 2 kereta komuter, yaitu KRDE Arjuna yang melayani rute Madiun - Surabaya PP dan KRDE Kelud Ekspress yang melayani rute Surabaya - Blitar PP, menyusul KRDE Batara Kresna (Yogyakarta - Solo - Sukoharjo) yang telah dilaunching terlebih dahulu sebelumnya.

Kedua KRDE ini merupakan kereta tambahan yang diluncurkan PT KAI DaOps 8 Surabaya serta Daops 7 Madiun, guna memenuhi kebutuhan jasa angkutan KA yang sangat tinggi menjelang arus mudik/balik Lebaran 2012.

Pengoperasian Kereta Rel Diesel Elektrik berfasilitas pendingin ruangan rute Madiun-Surabaya PP yang sebelumnya digunakan untuk program mudik dan balik gratis pada Lebaran tahun 2012 tetap berlanjut, meski angkutan Lebaran telah selesai. Staf Humas PT KAI Daop VII Madiun, Supriyanto mengatakan, sesuai hasil survei direksi diketahui jika potensi pasar relasi Madiun-Surabaya cukup besar, sehingga diputuskan pengopersian Kereta Rel Diesel Elektrik (KRDE) tersebut tetap berlanjut.

"Animo masyarakat cukup tinggi dan peluang pasarnya bagus, sehingga direksi memutuskan untuk tetap dioperasikan," ujar Supriyanto di Madiun, Jatim, Rabu. Menurut dia, KRDE yang dilengkapi AC tersebut diberi nama KRDE Arjuna. Adapun untuk tarif promosi yang akan diberlakukan sebesar Rp 40.000 per orang dewasa.

Sedangkan, jadwal keberangkatannya sama dengan jadwal pada saat masih untuk angkutan lebaran, yakni dari Stasiun Madiun kereta berangkat pada pukul 07.00 WIB dan tiba di Stasiun Gubeng, Surabaya, sekitar pukul 11.17 WIB. Kemudian berangkat dari Stasiun Gubeng pukul 16.30 WIB dan tiba di Stasiun Madiun kembali pada pukul 21.37 WIB.

Sebelumnya, KRDE AC ini digunakan untuk program mudik dan balik lebaran gratis yang disediakan oleh Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan PT KAI. "Selama angkutan lebaran lalu, PT KAI berperan sebagai operator dari KRDE tersebut dan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur yang menangani pendaftaran calon penumpangnya," ujar Manajer Humas PT KAI Daop VII Madiun, Sugianto, menambahkan.

Keberadaan kereta tersebut sebelumnya merupakan upaya pemerintah untuk mewujudkan tradisi mudik dan balik yang aman dan nyaman kepada masyarakat. Dan diharapkan mampu memperlancar angkutan mudik lebaran.

Kereta komuter Arjuna tersebut terdiri dari lima set dengan kapasitas total 340 kursi. Kereta ini sebelumnya telah dioperasikan pada 13 Agustus atau H-6 Lebaran hingga 27 Agustus atau H+7 Lebaran.


blog comments powered by Disqus
 




Author

Copyright © Madiun.Info - Komunitas Madiun Onliners