Home Apa Kabar Madiun Berebut Sekolah Favorit
Berebut Sekolah Favorit
Sabtu, 30 Juni 2012 00:00

Tut Wuri HandayaniHari pertama pelaksanaan PPDB 2012 diwarnai antrean calon pendaftar di beberapa sekolah favorit non RSBI. Misalnya, di SMPN 4, SMAN 1 dan SMAN 5. Kondisi timpang terjadi beberapa sekolah lain yang sepi pendaftar.Kami sudah wanti-wanti jangan sampai berjubel di satu sekolah saja. Tolong pihak sekolah mengarahkan ke sekolah lain yang longgar agar tidak antre, tegas Ketua PPDB 2012 Kota Madiun, Suwarno, kemarin (29/6).

Menurutnya, sudah menjadi risiko jika tetap nekat mengantre. Dijelaskan, seluruh sekolah penyelenggara di Kota Madiun sudah bisa memproses pendaftaran PPDB. Sebab, sudah terhubung jaringan intranet, baik di SMP, SMA dan SMK negeri. Sebenarnya saya sudah briefing kepala sekolah, kalau masih terjadi ya besok akan dibenahi agar tidak sampai ada antrean panjang, ujarnya.

 

Suwarno mencontohnya, jika memilih SMPN 4 itu bisa daftar dari SMPN 11 atau sekolah lain. Dijelaskan, calon pendaftar diberi kesempatan untuk memilih tiga pilihan sekolah tujuan. Dan itu boleh mendaftar di mana pun. Dia mengakui, secara psikologis orang tua berfikir jika memilih SMAN 4 harus mendaftar di sekolah tersebut. Aturan itu sudah berubah dan kalau online mendaftar di mana pun bisa, paparnya.

Terkait keberadaan pos pengaduan dan informasi di sekolah dan kantor Dinas Dikbudpora, Suwarno menjelaskan di hari pertama minim laporan. Laporan yang masuk sudah diatasi, misalnya kebanyakan ijazah dari lulusan sekolah di luar kota itu belum keluar. Kemudian mendapat rekomendasi dari Dinas Pendidikan setempat untuk keperluan pendaftaran. Kami sudah kroscek ke Dindik daerah, ya ijazah memang dalam proses, padahal persyaratan mendafatar itu ijazah asli. Tapi kalau sudah ada SKHUN sementara oke diperbolehkan mendaftar, ujarnya.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Dikbudpora Sukarman menyampaikan, masalah ijazah sejumlah lulusan SD di Kota Madiun sudah diatasi. Yakni, apabila ijazah belum keluar maka lulusan SD itu diminta menunjukkan surat keterangan dari pihak sekolah untuk keperluan mendaftar. Boleh mendaftar, karena ijazah masih dalam proses, tandasnya.

Sementara itu, dari laman ppdb.smkn1madiun.net pada pukul 19.21 WIB, jumlah pendaftar tingkat SMP dari dalam kota (582) dan luar kota (59). Sedangkan tingkat SMA, dalam kota (473), luar kota (27). Pendaftar terbanyak tingkat SMP negeri non RSBI di SMPN 4, dalam kota (117), luar kota (1). Sedangkan tingkat SMA non RSBI, di SMAN 1 dalam kota (164) luar kota (1).


blog comments powered by Disqus
 




Author

Copyright © Madiun.Info - Komunitas Madiun Onliners