Home Apa Kabar Madiun Daop VII Madiun Sediakan Kereta Tambahan untuk Lebaran
Daop VII Madiun Sediakan Kereta Tambahan untuk Lebaran
Senin, 02 Juli 2012 15:38

Kereta ApiANTARAJATIM - PT. Kereta Api Indonesia Daerah Operasional (Daop) VII Madiun akan menyediakan satu rangkaian kereta api ekonomi tambahan yang akan digunakan sebagai angkutan Lebaran pada tahun ini. "Penambahan kereta api ekonomi tersebut di luar kereta reguler yang sudah tersedia. Kereta api tambahan tersebut adalah KA Ekonomi Mantab dengan tujuan Madiun-Stasiun Tanah Abang, Jakarta," ujar Manajer Humas PT KAI Daop VII Madiun Sugianto kepada wartawan, Kamis. Menurut dia, penyediaan kereta api tersebut bertujuan untuk mengatasi lonjakan penumpang yang terjadi saat arus balik dari Madiun menuju Jakarta dan kota-kota lain di sekitarnya. "KA Ekonomi Mantab jurusan Madiun-Tanah Abang hanya beroperasi saat arus mudik dan balik Lebaran. Kereta tersebut akan dioperasikan mulai 'H-7' hingga 'H+7' Lebaran mendatang. Rute yang diambil adalah jalur selatan, yakni Kroya, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, dan Madiun," papar Sugianto.

Adapun untuk pemesanan tiket KA Mantab sudah bisa dilakukan di loket dan beberapa tempat tertentu yang bekerja sama dengan PT KAI mulai tanggal 1 Juli mendatang. Dan dalam pembeliannya, calon penumpang hanya bisa membeli satu tiket untuk satu orang serta menyertakan kartu identitas yang berlaku.

Satu rangkaian KA Ekonomi Mantab tersebut akan terdiri dari 11 gerbong dan satu lokomotif. Secara rinci, gerbong tersebut meliputi 10 gerbong atau kereta penumpang, satu gerbong atau kereta makan dan pembangkit, serta satu lokomotif.

Sugianto menambahkan, secara nasional, KA tambahan ekonomi untuk angkutan Lebaran yang disediakan mencapai 14 kereta. Sejumlah kereta tambahan tersebut di antaranya, KA Mantab, KA Pansundan Lebaran, KA Matarmaja, dan KA Kertajaya Lebaran.

Sementara, PT KAI telah menetapkan masa angkutan Lebaran selama 16 hari, dimulai pra Lebaran selama 7 hari (H1-7) pada 12 Agustus hingga 18 Agustus 2012 dan Purna Lebaran selama 7 hari (H2+7) atau mulai 21 Agustus hingga 27 Agustus 2012.

Adapun, puncak arus mudik Lebaran diperkirakan pada "H1-3" atau 16 Agustus 2012 dan puncak arus balik Lebaran diperkirakan pada "H2+5" atau 25 Agustus 2012.

"KA tambahan untuk kelas ekonomi mulai berjalan pada 12 Agustus. Sedankan kapasitas tetap 100 persen," kata dia.


blog comments powered by Disqus
 




Author

Copyright © Madiun.Info - Komunitas Madiun Onliners